SUARA INDONESIA LAMONGAN

Tingkatkan Mutu Kampus, UIN KHAS Jember Gandeng IAIN Kediri

Wildan Mukhlishah Sy - 15 December 2021 | 06:12 - Dibaca 1.98k kali
Pendidikan Tingkatkan Mutu Kampus, UIN KHAS Jember Gandeng IAIN Kediri
MoU LPPM UIN KHAS Jember dengan LPPM IAIN Kediri, Selasa (14/12/2021). Foto: Istimewa

JEMBER- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, menjalin kerjasama dengan IAIN Kediri.

Hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas instansi masing-masing, terlebih dalam konteks Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Miftah Arifin menjelaskan, pada era saat ini sinergi dan kolaborasi merupakan sebuah keharusan bagi setiap instansi untuk mengembangkan mutu lembaganya.

"Sebuah kampus tidak mungkin berkembang tanpa bersinergi dan berkolaborasi dengan kampus-kampus lain, pihak swasta, dunia industri dan tentu saja pemerintah. Saya rasa momen ini sangat baik untuk menjalin kemitraan kedua pihak," jelas Warek II dalam sambutannya saat menyambut kedatangan LPPM IAIN Kediri, Selasa (14/12/2021).

Sementara itu, Ketua LPPM UIN KHAS Jember Zainal Abidin mengaku, dirinya sangat senang atas kunjungan dari LPPM IAIN Kediri.

Menurutnya, selain sebagai ajang silaturrahmi antar Perguruan Tinggi Keaagamaan Islam Negeri (PTKIN), kegiatan tersebut juga untuk menjalin kerjasama antara LPPM UIN KHAS Jember dan LPPM IAIN Kediri.

"Apa yang baik dari LPPM UIN KHAS Jember monggo diadopsi dan diadaptasi, begitu juga sebaliknya. Segala yang baik dari LPPM IAIN Kediri akan kami terapkan disini, tentu saja dengan penyesuaian-penyesuaian," ungkapnya.

Diketahui terdapat beberapa hal yang bisa dikerjasamakan antara dua instansi tersebut, diantaranya. Penelitian Kolaboratif, Desiminasi Penelitian, KKN Kolaboratif, Publikasi Ilmiah, Seminar atau Konferensi Nasioanal dan Internasional.

"Poin-poin itu kami tuangkan dalam perjanjian kerjasama yanh baru saja kami tandatangani bersama," lanjut Zainal.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPPM IAIN Kediri Muhammad Yasin mengatakan rihlah ilmiah tersebut dilakukan, dalam rangka peningkatan mutu pengelolaan LPPM IAIN Kediri.

"Kami merasa perlu belajar atau ngangsu kawruh ke LPPM UIN KHAS Jember. Kerjasama ini, bukan hanya hitam di atas putih, melainkan akan benar-benar kami tindak lanjutu dengan realisasi kegiatan," katanya.

Dirinya menambahkan, dalam waktu dekat IAIN Kediri akan merealisasikan kerjasamanya dalam reviewer proposal penelitian dosen, reviewer jurnal ilmiah dan kuliah kerja nyata (KKN).

"Untuk selanjutnya kami insyaallah juga akan mengadakan konfrensi penelitian dan pengabdian secara kolaboratif. Untuk teknis, kami akan musyawarahkan lebih dulu," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya