SUARA INDONESIA LAMONGAN

Vaksinasi Hewan Gratis untuk Cegah Rabies di Lamongan

Irqam - 11 October 2023 | 21:10 - Dibaca 1.11k kali
Kesehatan Vaksinasi Hewan Gratis untuk Cegah Rabies di Lamongan
Pemkab Lamongan mengelar vaksinasi hewan untuk cegah rabies di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Rabu (11/10/2023). (Foto: Istimewa)

LAMONGAN, Suaraindonesia.co.id - Untuk mencegahnya penyebaran virus rabies, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan menggelar vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan warga setempat pada Rabu (11/10/2023). 

Pemilik hewan tampak membawa hewan peliharaannya untuk vaksin rabies di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Lamongan. Kegiatan vaksinasi pada anjing, kucing, musang dan kelinci ini dilaksanakan untuk memperingati World Rabies Day yang jatuh pada 28 September lalu. Hal ini juga sebagai pengingat akan pentingnya pemberian vaksin bagi hewan.

“Tentu ini menjadi pengingat untuk kita bahwa rabies ini sebuah penyakit hewan yang dapat menular ke manusia. Sehingga perlu terus kita sosialisasikan kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa memberikan vaksin kepada hewan kesayangannya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Moh. Nalikan usai membuka acara World Rabies Day.

Nalikan menambahkan, vaksin rabies ini mendapat antusiasme masyarakat, meski hanya menyediakan 100 dosis pada vaksin massal dan 50 dosis dihari biasa. "Ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik bagi hewan dan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPKH Lamongan Mohammad Wahyudi mengungkapkan, pelayanan vaksin rabies untuk hewan tidak hanya dilakukan hari ini saja. Masyarakat bisa melakukan vaksinasi pada hewan peliharaannya setiap hari di Kantor DPKH Lamongan. 

“Vaksin rabies semuanya gratis, selain itu kita juga ada pemeriksaan hewan kesayangan bisa seperti kucing, anjing, musang, kelinci. Yang setiap hari kita buka di Kantor Peternakan dan gratis. Kalau hewan yang hari ini sakit kita sembuhkan dulu baru di vaksin besoknya,” ujar Wahyudi. 

Adapun syarat untuk hewan yang akan di vaksinasi rabies, yakni dalam keadaan sehat dan cukup umur atau minimal 4 bulan, tidak bunting dan berkutu, berat badan minimal 1 kilogram.

Sekadar diketahui, pada kesempatan yang sama, dilaksanakan talk show dengan tema All For One, One Health For All. Ini bertujuan adanya keterlibatan lintas sektor untuk memberikan bekal bagi pemilik dalam merawat hewan kesayangannya dengan baik dan benar agar terbebas dari rabies.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya