SUARA INDONESIA LAMONGAN

Pemkab Lamongan Dorong WBL Jadi Ikonis Wisata di Jawa Timur 

Irqam - 15 November 2023 | 13:11 - Dibaca 1.27k kali
News Pemkab Lamongan Dorong WBL Jadi Ikonis Wisata di Jawa Timur 
Ceremony Anniversary ke-19 Wisata Bahari Lamongan. (Foto: Istimewa)

LAMONGAN, SUARA INDONESIA - Wisata Bahari Lamongan (WBL) genap berusia 19 tahun di tahun 2023. Dalam usia tersebut, WBL akan didorong menjadi ikonis wisata di Jawa Timur. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menghadiri ceremony anniversary ke 19 WBL pada Selasa malam, 14 November 2023.

Dalam kiprahnya menjadi wisata yang memadukan dunia fantasi, permainan bahari, dan edukasi Maharani Zoo, wisata kebanggaan Lamongan ini diyakini mampu menjadi ikonis wisata andalan Jawa Timur.

Hal itu dilakukan dengan cara terus branding melalui event-event yang digelar di WBL. Terlebih event lintas provinsi, banyak mengundang pengunjung.

"WBL harus kita kenalkan kepada masyarakat luas dengan mengadakan event di sini. Karena di sini juga menyediakan resort yang menampilkan eksotisnya pemandangan pantai utara," kata Yuhronur Efendi.

Tidak hanya itu, WBL juga menjadi salah satu tempat distribusi produk unggulan bagi pelaku UMKM Lamongan. Dengan adanya kegiatan UMKM di WBL maka akan memberikan dampak positif juga bagi pelaku UMKM.

"Kemajuan WBL juga akan berdampak bagi para pelaku UMKM yang mendistribusikan produksi andalannya seperti di bidang makanan perikanan, pakaian tenun ikat Lamongan, dan lainnya," ungkap Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes.

Sementara itu, Perwakilan Analis Kebijakan Utama Sekda Provinsi Jawa Timur Bidang Spesialisasi Perindustrian dan Perdagangan Drajat Irawan menyampaikan, agar menjadi ikonis, WBL harus memanfaatkan digitalisasi, seperti mengajak para kreator konten dan memperbanyak pemasaran digital. 

“Karena saat ini penyebaran informasi melalui digital lebih cepat dan berdampak,” terang Drajat Irawan.

Adapun data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan, jumlah kunjungan sementara wisatawan nusantara dan wisata mancanegara per Oktober 2023 mencapai 4,2 juta. 

Sebanyak 361.705 di antaranya merupakan pengunjung dari WBL. Sedangkan pada tahun 2022 terdapat 4,7 juta pengunjung wisata di Lamongan, 452.406 di antaranya merupakan pengunjung dari WBL. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya