SUARA INDONESIA LAMONGAN

Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan, Kasus Covid-19 di Lamongan Menurun

M Nur Ali Zulfikar - 07 October 2020 | 15:10 - Dibaca 2.43k kali
Kesehatan Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan, Kasus Covid-19 di Lamongan Menurun
Jubir Satgas Covid-19 Lamongan, dr. Taufik Hidayat
LAMONGAN - Satgas Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Lamongan terus melakukan upaya pendisiplinan dan penegakan protokol kesehatan. Baik melalui langkah preventif maupun dengan melakukan penindakan.

Upaya tersebut ternyata sukses menekan angka penyebaran kasus di Kabupaten Lamongan. Dimana pada bulan April sampai Mei menempati posisi tiga besar penyebaran terbanyak di Jawa Timur. Hingga akhirnya berangsur menjadi 10 besar, dan bulan ini menempati posisi 13 besar.

Juru Bicara Satgas Covid- 19 Kabupaten Lamongan, dr. Taufik Hidayat mengungkapkan, kasus terkonfirmasi terus mengalami penurunan yang cukup signifikan. Salah satu penyebab utamanya adalah kesadaran masyarakat yang cukup tinggi, untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Terlihat penurunan kasus sangat signifikan setelah dilakukan Swab tes massal. Selain itu juga dampak positif dengan dilakukannya sidang di tempat dari operasi yustisi penegakan Peraturan Gubernur Jawa Timur," ungkap pria yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Lamongan ini, Rabu (7/10/2020), siang.

Taufik menambahkan, di tengah tahapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 yang sedang berlangsung. Satgas Covid-19 Lamongan juga terus melakukan pengawasan, salah satunya terkait penerapan disiplin protokol kesehatan.

"Yang bertujuan memberi keamanan kepada masyarakat pada saat hajatan nasional, yaitu Pilkada serentak. Kampanye paslon juga harus mendapat izin dan rekomendasi dari Satgas Covid-19," pungkasnya

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per tanggal 6 Oktober 2020, ada 712 kasus, 57 orang diantaranya pasien aktif, 590 orang sudah sembuh dan ada 65 orang meninggal dunia terkonfirmasi positif. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya