SUARA INDONESIA LAMONGAN

Lantik Tujuh Kades PAW, Ini Pesan Bupati Lamongan

Irqam - 20 September 2023 | 10:09 - Dibaca 1.31k kali
Pemerintahan Lantik Tujuh Kades PAW, Ini Pesan Bupati Lamongan
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi melantik tujuh Kepala Desa (Kades) terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW) di Pendopo Lokatantara, (Foto: Istimewa)

LAMONGAN, Suaraindonesia.co.id - Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi melantik tujuh Kepala Desa (Kades) terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW). Mereka dipilih melalui musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama tokoh masyarakat desa.

Berlangsung di Pendopo Lokatantara Kabupaten Lamongan pada Selasa (19/09/2023). Para Kades PAW tersebut menggantikan Kades lama yang telah purna tugas dan meninggal dunia.

Dihadapkan Kades PAW yang dilantik, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berpesan untuk terus menekankan tiga tugas utama seorang pemimpin yakni Katalisator, Inovator, dan Harmonisasi. 

"Pemimpin artinya leader karena dia punya pengikut atau yang dipimpin, ini tugas yang mulia bagi bapak ibu yang dilantik sebagai Kades. Tugas utama Kades adalah katalisator, inovator, dan harmonisasi bagi desa masing-masing," kata Yuhronur Efendi.

Pak Yes—sapaan Bupati Lamongan ini mengatakan, beralihnya jabatan tersebut, Kades PAW harus mampu menjadi penyeimbang keinginan dan kebutuhan masyarakat dengan apa yang dimiliki pemerintah. Sekaligus harus menjadi katalisator perencanaan pembangunan masyarakat atau RPJMDes. 

"Katalisator harus terus mensinkronkan berbagai program kegiatan kebutuhan masyarakat di desa masing-masing, terus sesuaikan rencana pembangunan masyarakat desa atau RPJMDes untuk terus berkelanjutan sebagaimana yang telah direncanakan oleh Kades sebelumnya. Tugas utamanya adalah RPJMDes bisa dilaksanakan dengan sukses dan berjalan dengan baik," terangnya.

Pak Yes menyebut, meningkatnya status desa menjadi Desa Mandiri atau berkembangnya ekonomi masyarakat, kemajuan dan pembangunan desa tidak terlepas dari inovasi-inovasi Kades melalui penggalian potensi desa. Sementara untuk memperkuat ketahanan desa, diperlukan harmonisasi seluruh elemen masyarakat yang ada di desa tersebut. 

"Membuat desa yang kuat yang bisa dilakukan apabila kadesnya mampu melakukan harmonisasi, mempersatukan elemen-elemen desa, sehingga membuat desanya menjadi kuat, masyarakat saling bergotong-royong, menghormati seluruh elemen-elemen yang ada di desa," ujarnya.

Pak Yes menambahkan, sebelum terjun menjalankan tugas sebagai Kades PAW hingga 7 November 2025 mendatang, mereka diminta untuk menanggulangi kemiskinan dan angka stunting.

Sekadar diketahui, tujuh Kades PAW yang dilantik diantaranya Kades Karangwedoro, Kecamatan Turi Winarti, Kades Desa Gedongboyountung Kecamatan Turi Moh. Naufal Al Bardany.

Kemudian Kades Plosobuden, Kecamatan Deket Abdul Wahid, Kades Sidomulyo, Kecamatan Deket Bagus Dwi Saputra, Kades Ardirejo, Kecamatan Sambeng Yuni Asaroh. 

Kades Mlati Kecamatan, Kedungpring Suryadi, dan Kades Slaharwotan, Kecamatan Ngimbang Tri Agus Susanto. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Irqam
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya