SUARA INDONESIA
Banner

Kabupaten Lamongan Empat Kali Beruntun Raih SAKIP Predikat A 

LAMONGAN – Kabupaten Lamongan kembali mendapatkan penghargaan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat A, ini keempat kalinya terhitung sejak tahun 2018.

Hasil Evaluasi SAKIP tahun 2021 diserahkan secara berani dan memikat oleh Sekjen Kementerian Pendayagunaan Aparatur Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), pada Selasa (5/4/2022). 

Pencapaian tersebut setelah melewati evaluasi SAKIP yang diawali dengan penilaian mandiri melalui PMPRB dan dilanjutkan dengan penilaian desk evaluation dan evaluasi lapangan.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan Kemenpanrb Erwan Agus Purwanto dalam laporannya pada evaluasi hasil pelaksanaan kinerja (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) menuturkan, terdapat 79 kementerian/lembaga, 34 pemerintah provinsi, 494 pemerintah kabupaten/kota yang SAKIP juga RB tahun 2021.

Jumlah tersebut, lanjut Erwan, terdapat penambahan 50 pemerintah kabupaten/kota yang menambahkan PMPRB. ”Hal tersebut menunjukkan komitmen dan antusiasme daerah meningkat seiring dengan manfaat yang dirasakan,” ujar Erwan.

Dikatakan Erwan, dari hasil evaluasi terdapat peningkatan rata-rata nilai, yang disebabkan oleh kenaikan predikat dari beberapa instansi. Ia menyampaikan, berdasarkan hasil evaluasi SAKIP dan RB tahun 2021 terdapat 1 pemerintah provinsi dengan predikat AA, 16 pemerintah daerah dengan predikat A, 63 pemerintah daerah dengan predikat BB, 293 pemerintah daerah dengan predikat B dan 155 pemerintah daerah dengan predikat C dan CC. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Kemenpan RB Rini Widiantini mengatakan, implementasi SAKIP merupakan bagian transformasi cara dan budaya kerja melalui penerapan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja.

“Untuk itu, seluruh instansi pemerintah untuk dapat mempersingkat dan meningkatkan kinerja yang tepat sasaran serta hasil yang dicapai,” terang Rini.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberikan apresiasinya terhadap capaian SAKIP tersebut. Bupati yang akrab disapa Pak Yes ini mengungkapan, penghargaan SAKIP dengan predikat A empat kali berturut- turut menjadi motivasi dan evaluasi untuk kedepannya semakin baik.

"Terima kasih kepada seluruh pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Lamongan atas dedikasi, loyalitas dan kinerjanya sehingga Pemkab Lamongan berhasil meraih penghargaan A untuk hasil evaluasi SAKIP tahun 2021, ini menjadi motivasi juga evaluasi bagi kita untuk kedepannya semakin baik lagi," kata pak Yes.

Apa Reaksi Anda?