SUARA INDONESIA LAMONGAN

Dinas TPHP Lamongan, Bersama Petani, Basmi Hama Tikus

M Nur Ali Zulfikar - 29 March 2021 | 13:03 - Dibaca 3.08k kali
Pemerintahan Dinas TPHP Lamongan, Bersama Petani, Basmi Hama Tikus
Sujarwo saat memberikan wawasan kepada petani di Desa Pangean, Maduran

LAMONGAN - Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Lamongan, berkomitmen akan terus bersama petani dalam memberantas hama tikus. 

Komitmen tersebut diwujudkan dengan melakukan pengendalian hama tikus, bersama petani di Desa Pangean, Kecamatan Maduran, Senin, (29/3/2021), pagi.

Plt. Kepala Dinas TPHP Lamongan, Sujarwo menerangkan, gerakan ini dilakukan menjelang musim tanam ke dua, sebagai upaya untuk pengendalian hama tikus yang biasanya menyerang tanaman.

"Gerakan kali ini diawali dengan proses pemberian umpan rodentisida. Kegiatan pengendalian harus dilakukan secara kontinyu dan terus menerus, serta serempak," terang pria yang juga Asisten Administrasi Umum Pemkab Lamongan ini.

Sujarwo mengungkapkan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pengendalian hama tikus, salah satunya dengan sanitasi lingkungan dilakukan setiap saat pada lokasi berlindung tikus.

"Kemudian bisa dengan gropoyokan pada saat lahan sawah sedang bero (tidak ada tanaman), dan pengaturan waktu tanam (dilakukan serentak)," ungkapnya

Selain itu, ujar Sujarwo, pengendalian juga bisa dengan membuat perangkap (dilakukan saat persemaian) dan membuat musuh alami (burung hantu), seperti rumah burung hantu.

"Bisa juga dengan pengasapan saat tanaman bunting dan seperti sekarang dengan memberi umpan rodentisida. Itu harus dilakukan oleh petani secara serentak dan bersama- sama secara rutin," pungkas mantan Camat Karanggeneng ini.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Moh.Ali Zukfikar

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya